Home  
 
Media Komunikasi Keuskupan Bogor - M E K A R - Edisi Oktober-Desember 2008
 


Misa Penutupan Sidang KWI 2008



Sidang Tahunan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Tahun 2008, berlangsung sejak Hari Senin tanggal 3 November 2008 sampai Hari Kamis tanggal 13 November 2008.
Dalam Sidang Umum Tahunan itu, para Uskup, melalui perangkat yang ada dalam Lembaga di mana mereka berhimpun, yakni Sekretariat Jendral, dan Komisi-komisi, Lembaga-lembaganya, Sekretariat dan Departemen-departemen mengadakan evaluasi dari seluruh kegiatannya yang telah ditetapkan dan disepakati dalam sidang tahunan sebelumnya, dengan mendengarkan Laporan-laporan dari masing-masing dan Komisi, Lembaga, Sekretariat, dan Departemennya, tetapi sekaligus mereka masing-masing menyampaikan juga rencana kerja untuk tahun 2009.
Semua materi dan acara persidangan, baik laporan dari kegiatan yang lampau maupun rencana-rencana kerja untuk tahun yang akan datang, bagi para Uskup senantiasa ditempatkan dalam keprihatinan pastoral yang menjadi leit motiv dari seluruh persidangan. Tema pastoral tahun 2008 ini adalah Lembaga Pendidikan Katolik : Media Pewartaan Kabar Gembira, Unggul dan Berpihak kepada Yang Miskin.

Upacara Penutupan Sidang KWI tahun 2008 secara liturgis dilaksanakan di Gereja Katedral, Bogor.
Ekaristi dimulai pukul 17.00 WIB. Sore itu cuaca mendung meliputi Bogor. Namum umat Keuskupan Bogor tetap dengan semangat menghadiri Misa Penutupan Sidang KWI tahun ini. Sekitar jam 16.00 WIB umat sudah mulai berdatangan, mereka begitu gembira dan juga penasaran ingin melihat dan bertemu langsung dengan uskup seluruh Indonesia dan juga Mgr. Leopoldo Girelli selaku Duta Besar Vatikan untuk Indonesia. Umat harap-harap cemas menunggu kedatangan rombongan dari Jakarta. Saat bus dari Jakarta yang membawa rombongan uskup datang, umat langsung bersorak. Mengamati rombongan uskup yang turun dari bus satu per satu dan kemudian masuk ke gedung pastoran katedral merupakan pengalaman tersendiri bagi umat.

Perarakan dimulai dari gedung pastoran dan masuk ke Gereja Katedral. Arak-arakan dimulai dari misdinar, para imam, para uskup, kardinal, dan Nuncio. Selama misa berlangsung, petir dan hujan deras terus mengguyur. Misa konselebrasi dipimpin oleh Mgr. Dogma Situmorang (Ketua KWI, Uskup Padang), Mgr. Aloysius Sutrisna Atmaka (Uskup Palangkaraya), dan Mgr. Michael Angkur (Uskup Bogor). Injil dibacakan oleh Mgr. Yohanes Philipus Saklil (Uskup Timika) dan homili disampaikan oleh Mgr. Dogma Situmorang.

Ini merupakan kesempatan yang jarang diperoleh, dan dengan mendapatkan kesempatan ini umat Keuskupan Bogor begitu gembira dan bersyukur dimana semua umat yang hadir boleh menerima Sakramen melalui para uskup. Rasa penasaran umat terjawab saat di akhir misa sebelum berkat penutup diberikan kesempatan kepada Romo Paulus Sigit Pramudji, PR (Sekretaris Eksekutif KWI) untuk memperkenalkan para uskup kepada umat. Romo Sigit menyebutkan nama uskup dan keuskupan yang dipegang, kemudian uskup yang disebutkan berdiri. Satu per satu uskup diperkenalkan dan disambut dengan tepuk tangan riuh umat. Bersama dengan para uskup dikenalkan juga Mgr. Leopoldo Girelli, Mgr. Jose (Atase Vatikan Untuk Timor Leste) dari Portugal, Romo Josef dari Hungaria.

Ada juga beberapa uskup yang berhalangan hadir karena satu dan lain hal yaitu Mgr. Vincentius Sutikno (Uskup Surabaya), Mgr. Herman Yosef Sahadat Pandoyoputo (Uskup Malang), Mgr. Hilarion Datus lega (Uskup Manokwari - Sorong), dan Mgr. Julius Sunarka (Uskup Purwokerto).

Selesai misa, umat diundang untuk beramah tamah dengan para uskup dan juga Nuncio di aula Gereja BMV Katedral. Suasana gembira menyebar, umat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengenal para uskup dari berbagai keuskupan dan juga mengenal Nuncio. Umat juga aktif berburu foto dengan para gembala gembala Gereja ini. Acara ramah tamah di aula diisi dengan makan malam, foto-foto, dan berbincang-bincang. Setelah acara diruang aula selesai, Nuncio bersama dengan para uskup kembali lagi ke Jakarta. Umat menunggu di halaman Katedral dan di halaman keuskupan hingga bus berangkat meninggalkan halaman katedral. Saat bus pergi umat bersorak sorai sambil melambaikan tangan mereka.
(Ririn)


 

 

 

Home

   

 

 

Copyright 2007, Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Bogor
Jl. Kapten Muslihat No. 22 Bogor