Home  
 
Media Komunikasi Keuskupan Bogor - M E K A R - Edisi Oktober - Desember 2007
 

Raker Komsos Keuskupan Bogor

Hari Sabtu-Minggu, 22-23 September 2007

          

Hari Sabtu tanggal 22 September 2007, Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Bogor mengadakan Rapat Kerja di PusLit Gizi, Kota Bogor. RaKer ini dihadiri oleh peserta yang menjadi wakil dari berbagai Paroki yang ada di Keuskupan Bogor. Ada 21 Paroki yang diundang dalam Pertemuan RaKer ini. Yang mengirimkan utusannya adalah paroki-paroki : Serang, Rangkasbitung, Cicurug, Sukasari, Sukabumi, Cianjur, Cibinong, Cileungsi, Katedral, Ciluar, Cibadak, Depok Timur, Depok Tengah, Depok Lama, Kelapa Dua, dan Paroki Mahasiswa. Sedangkan paroki-paroki yang berhalangan hadir adalah paroki- Paroki : Cipanas, Parung, Megamendung, Depok Jaya, dan Cinere.Sejak pagi, beberapa anggota panitia nampak mulai mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk pelaksanaan pertemuan ini.

Semakin mendekati sore, nampak satu persatu peserta mulai berdatangan dari berbagai paroki yang ada di Keuskupan Bogor. Setelah melengkapi isian registrasi, para pesertapun mendapatkan kunci.
Sekitar pukul 17.00 RaKer dibuka oleh RD. F.X. Suyana selaku Ketua Komisi KOMSOS. Tak lupa, agar pelaksanaan berjalan dengan tenang, aman, dan lancar, diadakan pula acara perkenalan peserta.
Acara selanjutnya adalah Pengenalan Organisasi Komisi yang disampaikan oleh RD. Suyana. Dalam acara ini diperkenalkan pengurus KOMSOS periode 2006-2009, yakni :
Ketua Komisi : RD. F.X. Suyana
Wakil Ketua : Andi H. Gunawan
Sekretaris : M.I. Tri Hadiah
Bendahara : Yuliana Endariningsih
Bidang Media Cetak : Yuliana Endariningsih
Bidang Database : F. Rudijanto
Bidang Media Online : Yustinus S. Pamuji

Setelah diselingi santap malam, acara dilanjutkan oleh mbak Yuli, yang memperkenalkan Majalah Mekar sebagai majalah Keuskupan. Saat menyampaikan, mbak Yuli mengharapkan agar masing-masing paroki mau mengirimkan artikel ataupun kegiatan parokinya untuk dimasukkan ke dalam Majalah Mekar. Mbak Yuli nampak penuh semangat dalam menyampaikan segala hal yang berhubungan dengan majalah Mekar. Tak ketinggalan Bapak F. Rudijanto menyampaikan hal-hal yang berhubungan dengan data umat yang dibuat dalam database. Dalam kesempatan ini Bapak Rudijanto menyampaikan cara yang baik untuk mengumpulkan data umat dengan database. Satu kemajuan teknologi yang baik dan memudahkan para pengurus paroki atau pengurus wilayah bila memerlukan data umat. Bapak Rudijanto dengan cermat dan tekun menyampaikan database umat ini. Bapak Yustinus S. Pamuji pun mendapat kesempatan memperkenalkan Media online. Media online ini berguna untuk mendapat berita yang baru, akurat dan cepat. Bahkan lebih cepat dari Majalah Mekar. Bapak Yustinus, mengajak para peserta yang merupakan utusan paroki untuk menggunakan Media ini.
Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian Program Kerja Periode 2006-2009 oleh ketua bidang. Hal yang disampaikan di antaranya adalah latar belakang Program Kerja ini. Rapat Kerja kali ini ternyata merupakan lanjutan dari Rapat Kerja Komisi Keuskupan Bogor yang berlangsung bulan Oktober 2006. Pada saat itu telah tersusun Program Kerja Komisi Komunikasi Sosial Periode 2006-2009. Di antaranya
1. Pembuatan Buku Petunjuk Keuskupan Bogor
2. Penerbitan Majalah Mekar 3 bulan sekali (4 edisi x 3 tahun)
3. Pelatihan SDM (4 angkatan x 3 tahun)
4. Pengadaan Peralatan
5. Penerapan Prasarana Website Keuskupan Bogor
6. Penerapan Sistem Informasi dan Administrasi Paroki (SIAP) di 10 Paroki
7. Peliputan dan dokumentasi acara-acara Keuskupan Bogor
8. Seminar Pemanfaatan “Information and Communication Technology“ bagi pengurus Komisi dan pengurus
    Paroki.
9. Seminar membagun sikap kritis terhadap kemajuan bidang ICT bagi keluarga.

Selain hal tersebut, disampaikan juga tujuan dari Rapat Kerja ini. Di antaranya :
1. Peserta dapat mengenal secara baik organisasi Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Bogor.
2. Peserta dapat memahami arah dan tujuan Program-program Komisi Komunikasi Sosial.
3. Peserta mengetahui hasil survey Tim 11 tentang “Kehidupan Menggereja Umat Beriman di Keuskupan Bogor”
    Bidang Komunikasi Sosial.
4. Peserta dapat mengetahui hasil Lokakarya Komisi Komunikasi Sosial KWI di Bali.

Tak ketinggalan harapan-harapan dari Rapat Kerja ini kepada peserta pun disampaikan. Di antaranya :
1. Meningkatnya pemahaman peserta tentang Organisasi Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Bogor.
2. Pemahaman peserta tentang arah dan tujuan Komisi Komunikasi Sosial Ke uskupan Bogor.
3. Rencana Kerja Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Bogor tahun 2007-2009.
4. Rencana Kerja Seksi Komunikasi Sosial Paroki se-Keuskupan Bogor.

Hari mulai malam. Acara RaKer diakhiri sekitar pukul 22.00 untuk memberikan kesempatan para peserta beristirahat. Namun, hanya sebagian saja menggunakan kesempatan ini untuk beristirahat. Beberapa peserta nampak larut dalam perbincangan aneka pembicaraan hingga menjelang pagi.
Sekitar pukul 05.00 ada di antara peserta yang berangkat ke Gereja Katedral untuk mengikuti perayaan Ekaristi hari Minggu pukul 05.30. Namun ada pula peserta yang berolah raga pagi, menghirup udara segar kota Bogor di sekitar Gedung Pertemuan.
Setelah sarapan pagi, para peserta menuju ruang pertemuan untuk mengikuti penyajian Bapak Anang Gunawan tentang Hasil Lokakarya Komisi Komsos KWI di Bali.
Setelah Bapak Anang selesai menyampaikan aneka cerita dan pernak-pernik Lokakarya di Bali, Romo Suyana menyajikan hasil Survey Tim 11 tentang Kehidupan Menggereja Umat Beriman di Keuskupan Bogor. Berbagai hal disampaikan oleh Romo Yono (panggilan akrab RD. Suyana).
Setelah rileks sejenak, acara dilanjutkan dengan diskusi. Diskusi ini dibagi dalam beberapa kelompok. Materi yang didiskusikan antara lain :
1. Apa saja yang sudah dilakukan oleh Seksi Komsos Paroki. (inventaris dan kegiatan)?
2. Apa saja yang akan/ingin dilakukan oleh Seksi Komsos Paroki (Rencana, mimpi)?
3. Apa yang menjadi faktor penunjang dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan Seksi Komsos Paroki?
4. Berkaitan dengan hasil survey, apa usulan kebijakan kita?
5. Peran apa yang diharapkan Seksi Komsos Paroki untuk Komisi Komsos Keuskupan?

Selama sekitar 1 jam acara diskusi ini berlangsung. Setelah habis waktu yang ditentukan untuk diskusi, para perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusinya di hadapan kelompok lain.
Hari pun semakin siang. Acara RaKer ditutup oleh Romo Yono. Sebelum kembali ke paroki masing- masing, para peserta berfoto bersama dan makan siang. (Willy Adams)
 

* * *

 

Home

   

 

 

Copyright © 2007, Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Bogor
Jl. Kapten Muslihat No. 22 Bogor